Wednesday 28 April 2010

Biografi Bill Gates



Jika diurutkan 100 tokoh IT yang paling berpengaruh mungkin William Henry Gates III orang yang menduduiki posisi pertama. Dia lebih dikenal dengan nama Bill Gates lahir pada 28 Oktober 1955, di Seattle, Washington. Bill Gates adalah adalah anak kedua dari tiga bersaudara. Ayahnya William Henry Gates adalah seorang pengacara perusahaan yang punya banyak relasi di kota. Sedangkan ibunya Mary Maxwell seorang pegawai First Interstate Bank, Pacific Northwest Bell dan anggota Tingkat Nasional United Way.

Bill seorang anak yang cerdas, tetapi dia terlalu penuh semangat dan cenderung sering mengalami kesulitan di sekolah. Ketika dia berumur sebelas tahun, orang tuanya memutuskan untuk membuat perubahan pada dirinya dan mengirimnya ke Lakeside School, sebuah sekolah dasar yang bergengsi khusus bagi anak laki-laki. Di Lakeside itulah pada tahun 1968 Bill Gates untuk pertama kalinya diperkenalkan dengan dunia komputer, dalam bentuk mesin teletype yang dihubungkan dengan telepon ke sebuah komputer pembagian waktu.

Dia dengan cepat menguasai BASIC, sebuah bahasa pemograman komputer, dan bersama dengan para hacker yang belajar sendiri di Lakeside, dia melewatkan waktu ber-jam-jam menulis program, melakukan permainan, dan secara umum mempelajari banyak hal tentang komputer. “Dia adalah seorang eksentrik,” sebagaimana salah seorang guru memberikan Gates julukan itu. Bill Gates menempuh kuliah di Harvard University di Cambridge mulai tahun 1975. Di sana ia bertemu dengan Paul Allen sewaktu sekolah bersama-sama. Bersama Paul Allen, Bill Gates terus mengembangkan talentanya di bidang pemograman komputer. Namun, Bill gates memutuskan keluar (drop out) untuk menyumbangkan wakunya ke Microsoft.

Latar Belakang Pekerjaan

Melalui usaha kerasnya, perusahaan yang ia dirikan yang bernama Microsoft Corporation menjadi sukses dan Bill Gates melambung menjadi seorang jutawan. Di tahun 1990 Bill Gates sukses merilis sistem operasi yang sangat sukses di pasaran dunia. Namun, Bill Gates juga mendapat reputasi yang tidak baik dalam karirnya. Tidak hanya satu kali, bahkan Bill Gates melakukan beberapa kali kesalahan dalam bisnis perangkat lunaknya. Di tahun 1990 Bill Gates mendapat tuntutan dari Departemen Keadilan Amerika Serikat dengan dakwaan Gates telah melakukan monopoli terhadap perusahaan-perusahaan kecil. Dan sekali lagi Bill Gates tersandung oleh hukum undang-undang bisnis Amerika Serikat pada tahun 1999. Pada tahun 2000, Bill gates mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Ketua Pegawai Eksekutif dan ia memilih kembali ke profesi lamanya yang ia cintai yaitu Kepala Penelitian dan Pengembangan Perangkat Lunak di perusahaanya sendiri, Microsoft Corp. Dan pada awal tahun 2008, Bill Gates memutuskan untuk mengundurkan diri dari manajemen Microsoft dan mengkonsentrasikan diri pada kerja kedermawanan melalui yayasan sosial yang didirikannya, yaitu Bill & Melinda Gates Foundation.

Kehidupan Pribadi Bill Gates

Jennifer Katharine Gates

Dalam kehidupan peribadinya, Gates menikah dengan Melinda French pada 1 Januari 1994. Mereka mempunyai tiga orang anak, Jennifer Katherine Gates (1996), Rory John Gates (1999) dan Phoebe Adele gates (2002). Dengan istrinya, Bill Gates telah mendirikan Bill & Melinda Gates Foundation, yang merupakan sebuah Yayasan Sosial yang memperhatikan pederita AIDS, beasiswa bagi universitas-universitas dan kepedulian pada dunia ketiga. Para kritikus mengatakan ini merupakan pembuktian terhadap kemarahan banyak orang tentang praktik monopoli, adikuasa perusahaannya dan beberapa kejahatan yang telah ia lakukan, tetapi beberapa orang yang dekat dengan Bill Gates berkata bahwa ia memang telah lama berencana untuk menyumbangkan sebagian besar hartanya. Di tahun 1999 koran Washington Post memberitakan bahwa “Gates telah menyatakan bahwa dia memutuskan untuk menyumbangkan $5 milyar kepada organisasi mereka. Hal itu tentu tidak mengherankan karena menurut survei Majalah Forbes, Bill Gates selalu menjadi orang terkaya di dunia berturut-turut selama tahun 1996 – 2004 dengan jumlah $ 90 Milyar. Dengan perjuangan dan tekad yang keras kini Bill Gates telah menggapai cita-citanya. Untuk mencapai kesuksesan memang diperlukan pengorbanan dan perjuangan yang berat, namun usaha keras dan sikap pantang menyerah Bill Gates telah membuahkan hasil yang dapat ia nikmati saat ini.

Sekaya Apakah Bill Gates?

Sumber: Kapanlagi dot Com

1. Bill Gates menghasilkan US$250 setiap detiknya, itu sekitar US$20 juta sehari dan US$7,8 milyar setahun!

2. Jika dia menjatuhkan US$1.000, dia bahkan tidak perlu repot-repot lagi untuk mengambilnya kembali karena sama dengan waktu 4 detik untuk mengambil, dia sudah memperoleh penghasilan dalam jumlah yang sama.

3. Utang nasional Amerika sekitar US$5,62 trilyun, jika Bill Gates akan membayar sendiri utang itu, dia akan melunasinya dalam waktu kurang dari 10 tahun.

Ruan Tamu Bill Gates

4. Dia dapat menyumbangkan US$15 kepada semua orang di dunia tapi tetap dapat menyisakan US$5 juta sebagai uang sakunya.

5. Michael Jordan adalah atlit yang dibayar paling mahal di Amerika. Jika dia tidak makan dan minum dan tetap membiarkan penghasilannya utuh dalam setahun sejumlah US$30 juta, dia tetap harus menunggu sampai 277 tahun agar bisa sekaya Bill Gates sekarang.

6. Jika Bill Gates adalah sebuah negara, dia akan menjadi negara terkaya sedunia nomor ke 37 atau jadi perusahaan Amerika terbesar nomor 13, bahkan melebihi IBM.

Rumah Bill GAtes

7. Jika semua uang Bill Gates ditukarkan ke dalam pecahan US$1, kita dapat menyusunnya menjadi jalan dari bumi ke bulan, 14 kali bolak balik. Tapi jalan itu harus dibuat non stop selama 1.400 tahun dan menggunakan total 713 buah pesawat Boeing 747 untuk mengangkut semua uang itu.

8. Bill Gates sekarang berumur 40 tahun. Jika kita mengasumsikan dia dapat hidup 35 tahun lagi maka dia harus membelanjakan US$6,78 juta per hari untuk menghabiskan semua uangnya sebelum dia pergi ke surga.

9. Tapi! Jika pemakai Microsoft Windows dapat mengklaim US$1 untuk setiap kali komputernya hang karena Microsoft Windows, Bill Gates akan segera bangkrut dalam waktu 3 tahun

10 Karya Terbaik buruk Bill Gates

Sebagai penghargaan terhadap dedikasinya terhadap industri komputer, berikut kami hadirkan 10 karya terbaik, sekaligus 10 blunder terbesar Bill Gates sepanjang karirnya dengan Microsoft selama hampir 40 tahun.

Internet Explorer (IE) (1995)

Tidak sulit bagi masyarakat untuk mengingat “Internet Explorer” sebagai stAndar yang sekaligus membentuk imej Gates sebagai raja perusahaan teknologi. IE juga merupakan aplikasi yang memimpin pembuatan aplikasi berbasis Ajax melalui spesifikasi XMLHttpRequest dan mempopulerkan CSS, walaupun instalasi CSS di IE cenderung kalah dari kebanyakan browser modern lainnya hari ini.

Media Center (2002)

DVR milik Tivo mendominasi dan kompetitor yang terus datang – dan pergi lagi selama bertahun-tahun, Media Center selalu menjadi produk berkualitas tinggi yang kurang dihargai. Bahkan Bill sekalipun mengakui bahwa perusahaan terus berjuang untuk mempermudah pemakaian produknya, akan tetapi Windows Media Center benar-benar membuktikan bahwa Microsoft masih mampu membuat produk canggih yang mudah pakai.

MS-DOS (1981 – 2000)

Yang satu ini adalah legenda dan tidak dapat dipakai oleh manusia biasa – namun mendatangkan uang bak air bagi Bill, dan menolong Microsoft membuat konsep lisensi software.

Office (1989 di Mac, 1990 di PC)

Word, Excel dan PowerPoint secara terpisah dapat menjalankan tugasnya dengan baik, namun saat Microsoft mengkombinasikan mereka menjadi satu paket yang dinamakan Office – ia memiliki nilai jual yang telah terbukti dapat meningkatkan produktivitas – dibutuhkan oleh hampir semua perusahaan hingga saat ini.

Peripherals (1982)

Microsoft telah menjadi perusahaan software sejak awal berdiri, tidak mencegah mereka dari membuat perlengkapan berkualitas tinggi. Sebelum Xbox dan Zune, mereka bahkan telah mempopulerkan mouse wheel, force-feedback joysticks, controller, tetikus optik modern dan keyboard ergonomis.

Windows 3.1 (1992) / NT 3.5 (1994)

Butuh beberapa versi sebelum sukses, namun saat akhirnya Windows mengeluarkan versi 3.1. Microsoft akhirnya memiliki produk yang dapat menarik pengguna PC dari command line. Windows NT mungkin tidak dapat memuaskan dahaga semua pengguna, namun setidaknya ia membawa OS ke dunia 32-bit sekaligus membuka jalan bagi desktop komputer yang kita kenal hari ini.

Windows 2000 dan XP (2000)

Saat berpikir tentang Microsoft dan millennium baru, untunglah Windows ME bukan satu-satunya produk yang datang menyusul Y2K, karena Windows 2000 segera datang untuk menyelamatkan dunia. Windows 2000 sangat sukses sehingga Gates memutuskan untuk menggunakan Windows 2000 sebagai pondasi untuk OS desktop selanjutnya, yaitu XP yang di pAndangan banyak orang masih merupakan OS berkualitas tinggi yang terakhir kali dikeluarkan Microsoft.

Windows CE / Mobile (1996)

Dua proyek Windows CE dan Windows Mobile langsung dijalankan berdasarkan perintah Bill. Apa yang semula hanyalah sebuah komponen kecil, kini telah berkembang menjadi mobile OS yang dapat dipakai di hampir semua alat portabel yang ada.

Xbox (2001) dan Xbox 360 (2005)

Pada tahun 1999, Bill percaya dengan bahwa semua multimedia pada akhirnya akan berkumpul di satu tempat dan mengatakan bahwa bahwa game baru / alat multimedia akan menjadi kuda trojan bagi Microsoft untuk memasuki ruang keluarga di seluruh dunia. Pada tahun 2001, Xbox memasuki teritori baru yang sebelumnya didominasi oleh Sony Playstation dan Nintendo N64.

Visual Basic (1991 – 1998)

Visual Basic membawa dampak yang sangat besar bagi dunia komputer. Walaupun pemakai komputer biasa mungkin belum pernah mendengar tentang VB pertama yang dirilis Microsoft 17 tahun yang lalu, kemudahan pakai dan tampilan grafis yang dimiliki VB memungkinkan banyak antusias untuk menjadi pengembang aplikasi yang berakibat ke banyaknya aplikasi pihak ketiga yang dibuat untuk Windows di tahun 1990-an.

10 Karya Terburuk Bill Gates

“Tidak ada gading yang tidak retak”. Peribahasa ini berlaku pula terhadap Bill Gates sepanjang karirnya dengan Microsoft selama hampir 40 tahun. Perjalanan Bill Gates tidak semulus yang dibayangkan. Banyak karyanya gagal menembus pasaran. Seperti contoh Vista yang gagal saat peluncuran yang mengalami banyak sekali masalah dengan kompatibilitas browser, perangkat keras dan banyak lagi. Berikut 10 karya terburuk Bill Gates.

Auto PC (1998 – 2001)

Melanjutkan kesuksesan dari segmen PC portabel, Microsoft membuat Auto PC yang awalnya berjanji untuk merevolusikan hiburan dalam mobil. Namun masalahnya saat Auto PC diluncurkan, mobil-mobil sudah dilengkapi dengan berbagai macam CD-player. Alat navigasi dalam mobil, pengenalan suara dan pemutar MP3 saat itu masih dianggap fiksi ilmiah (terutama mengingat harganya yang masih lebih dari empat digit saat itu).

Microsoft Bob (1995 – 1996)

Sayang sekali, tidak ada yang memberikan Bob kesempatan karena ia sangat mengganggu. Bill saat itu kencan dengan Melinda French, menejer program dari Bob. Namun sayangnya Bob membutuhkan kinerja lebih banyak dari yang dimiliki kebanyakan komputer yang ada saat itu dan pasar yang ada cukup besar. Untungnya, hubungan asmara antara Bill dan Melinda tidak mengalami nasib yang sama.

Cairo (1991, tetapi tidak pernah dirilis)

Tanyakan kepada orang-orang apa yang mendefinisikan peta teknologi Microsoft pada era 90-an dan Anda akan mendapatkan “Cairo” sebagai jawaban. Diumumkan sebelum Windows NT 3.1 dirilis, Cairo terkadang dideskripsikan sebagai sebuah sistem operasi, terkadang sebagai sebuah koleksi beberapa teknologi baru yang dimaksudkan untuk membimbing Microsoft mencapai arsitektur yang lebih baik dari NT. Setelah menghabiskan uang dan waktu pengembangan yang tidak terhitung, akhirnya Cairo dibatalkan.

MSN Music (2004) dan URGE (2006)

Saat MSN Music, usaha Microsoft untuk membuat sebuah toko musik online yang menggunakan sistem subkripsi gagal, Bill yang keras kepala melakukan apa yang biasanya ia lakukan, membuat merk baru dan meluncurkannya kembali. Saat ia muncul pada CES 2006 sebagai URGE yang merupakan proyek kerja sama dengan MTV, banyak orang yang skeptis, dan layanan ini pun kembali gagal.

Origami / UMPC (2006)

Origami menggunakan prosesor VIA C7 berkecepatan 1 gigahertz dengan memori SODIMM DDR2 512 megabita dilengkapi hard drive sebesar 60 gigabita. Ia bisa terkoneksi dengan standar Wi-Fi 802.11 b/g, Bluetooth 2.0, dan konektor USB. Microsoft Origami, UMPC (ultra mobile PC) menuai banyak protes karena meskipun bentuknya ultra kecil tetapi harganya tidak ultra murah dan batereinya ultra boros.

OS/2 (1987 – 2006)

Dimulai sebagai proyek kolaborasi antara Microsoft dengan IBM dan pada awalnya dianggap sebagai penerus kerajaan DOS/Windows. Pada awalnya OS ini menunjukkan potensinya dengan menggunakan file system HPFS, kapabilitas jaringan yang lebih baik dan tampilan yang rumit. Akan tetapi memburuknya hubungan antara kedua perusahaan kemudian membunuh OS/2.

Dengan Windows 3 yang mendadak sukses, IBM yang tidak mau membuat OS yang kompatibel dengan semua perangkat keras, dan Microsoft yang tidak menyukai coding OS/2 yang “berkinerja lambat,” Gates akhirnya memutuskan untuk tidak meneruskan pengembangan OS tersebut.

SPOT watches dan MSN Direct (2004 – 2008)

Saat konsep jam tangan yang secara otomatis dapat menerima konten melalui frekuensi FM diperkenalkan oleh Microsoft, tampaknya hal itu merupakan sebuah ide brilian. Bill bahkan secara pribadi menangani proyek tersebut. Namun saat produk ini diluncurkan, ia sudah dilanda berbagai masalah: penampilan yang luar buruk dan ukuran yang terlalu besar ditambah kampanye iklan yang buruk. Plus, mobile web sudah mulai menghangat, semua orang yang tertarik dengan konsep ini sudah bisa mendapatkan semua informasi yang mereka butuhkan melalui ponsel.

Windows Genuine Advantage (2001)

Tergantung siapa yang Anda tanya, WGA merupakan pelanggaran privasi yang sangat serius, penyebab sakit kepala, hanya perlindungan minimal terhadap pembajakan atau semuanya.

Windows ME (2000)

Tidak ada seorangpun yang cukup mengerti alasan keberadaan Windows Millenium Edition. Tidak seperti Windows 2000 yang berbasis NT, Windows ME tetap mempertahankan MS-DOS sebagai pondasinya, dan bahkan berkinerja lebih lambat dan tidak stabil lagi dibandingkan pendahulunya Windows 95 dan 98.

Windows Vista (2007)

Saya rasa yang ini sudah tidak perlu penjelasan lagi. Membutuhkan waktu pengembangan yang luar biasa, tetapi saat peluncurannya mengalami banyak sekali masalah dengan kompatibilitas browser, perangkat keras dan banyak lagi. Vista juga banyak dianggap oleh banyak perusahaan besar untuk tidak membawa banyak keuntungan selain tampilan dibandingkan Windows XP.

Tuesday 20 April 2010

Kejeniusan B.J. Habibie



Bukti 1 : Penemu Teori Habibie
Pemakai dan produsen pesawat terbang sama-sama tidak tahu persis, sejauh mana bodi pesawat terbang masih andal dioperasikan. Akibatnya memang bisa fatal. Pada awal 1960-an, musibah pesawat terbang masih sering terjadi karena kerusakan konstruksi yang tak terdeteksi. Kelelahan (fatique) pada bodi masih sulit dideteksi dengan keterbatasan perkakas. Belum ada pemindai dengan sensor laser yang didukung unit pengolah data komputer, untuk mengatasi persoalan rawan ini.Titik rawan kelelahan ini biasanya pada sambungan antara sayap dan badan pesawat terbang atau antara sayap dan dudukan mesin. Elemen inilah yang mengalami guncangan keras dan terus-menerus, baik ketika tubuhnya lepas landas maupun mendarat. Ketika lepas landas, sambungannya menerima tekanan udara (uplift)yang besar. Ketika menyentuh landasan, bagian ini pula yang menanggung empasan tubuh pesawat. Kelelahan logam pun terjadi, dan itu awal dari keretakan (krack).Titik rambat, yang kadang mulai dari ukuran 0,005 milimeter itu terus merambat. Semakin hari kian memanjang dan bercabang-cabang. Kalau tidak terdeteksi, taruhannya mahal, karena sayapbisa sontak patah saat pesawat tinggal landas. Dunia penerbangan tentu amat peduli, apalagi saat itu pula mesin-mesin pesawat mulai bergantidari propeller ke jet. Potensi fatique makin besar.Habibie-lah yang kemudian menemukan bagaimana rambatan titik krack itu bekerja. Perhitungannya sungguh rinci, sampai pada hitungan atomnya. Oleh dunia penerbangan, teori Habibie ini lantas dinamakan krack progression.Dari sinilah Habibie mendapat julukan sebagai Mr. krack. Tentunya teori ini membuat pesawat lebih aman. Tidak saja bisa menghindari risiko pesawat jatuh, tetapi juga membuat pemeliharaannya lebih mudah dan murah.



Bukti 2 : Penemu Faktor Habibie
Sebelum titik krack bisa dideteksi secara dini, para insinyur mengantispasi kemungkinan muncul keretakan konstruksi dengan cara meninggikan faktor keselamatannya (SF). Caranya, meningkatkan kekuatan bahan konstruksi jauh di atas angka kebutuhan teoritisnya. Akibatnya, material yang diperlukan lebih berat. Untuk pesawat terbang, material aluminium dikombinasikan dengan baja. Namun setelah titik krack bisa dihitung maka derajat SF bisa diturunkan. Misalnya dengan memilih campuran material sayap dan badan pesawat yang lebih ringan. Porsi baja dikurangi, aluminium makin dominan dalam bodi pesawat terbang. Dalam dunia penerbangan, terobosan ini tersohor dengan sebutan Faktor Habibie.Faktor Habibie bisa meringankan operating empty weight (bobot pesawat tanpa berat penumpang dan bahan bakar) hingga 10% dari bobot sebelumnya. Bahkan angka penurunan ini bisa mencapai 25% setelah Habibie menyusupkan material komposit ke dalam tubuh pesawat. Namun pengurangan berat ini tak membuat maksimum take off weight-nya (total bobot pesawat ditambah penumpang dan bahan bakar) ikut merosot. Dengan begitu, secara umum daya angkut pesawat meningkat dan daya jelajahnya makin jauh. Sehingga secara ekonomi, kinerja pesawatbisa ditingkatkan.

Faktor Habibie ternyata juga berperan dalam pengembangan teknologi penggabungan bagian per bagian kerangka pesawat. Sehingga sambungan badan pesawatyang silinder dengan sisi sayap yang oval mampu menahan tekanan udara saat tubuh pesawat lepas landas. Begitu juga pada sambungan badan pesawat dengan landing gear jauh lebih kokoh, sehingga mampu menahan beban saat pesawat mendarat. Faktor mesin jetyang menjadi penambah potensi fatique menjadi turun.


Bukti 3 : suma cum laude gan !
Gelar doctor ingenieur-nya disabet dengan predikat suma cum laude pada 1965. Rata-rata nilai mata kuliahnya 10. Presatsi ini membuatnya dipercaya jadi Kepala Departemen Riset dan Pengembangan Analisis Struktur di Hamburger Flugzeugbau (HFB). Tugas utamanya adalah memecahkan persoalan kestabilan konstruksi bagian belakang pesawat Fokker 28. Luar biasa, hanya dalam kurun waktu enam bulan, masalah itu terpecahkan oleh Habibie.


Bukti 4 : Bikin Pesawat Gan !
Ia meraih kepercayaan lebih bergengsi, yakni mendesain utuh sebuah pesawat baru. Satu diantara buah karyanya adalah prototipe DO-31, pesawat baling-baling tetap pertamayang mampu tinggal landas dan mendarat secara vertikal, yang dikembangkan HFB bersama industri Donier. Rancangan ini lalu dibeli oleh Badan Penerbangan dan Luar Angkasa Amerika Serikat (NASA).Hasil lainnyaantara lain pesawat terbang pertama buatan Indonesia CN-235 dan N-250.Pesawat Airbus A-300 yang diproduksi konsorsium Eropa (European Aeronautic Defence and Space) tak lepas dari sentuhan Habibie. Maklumlah dalam konsorsium ini tergabung Daimler, produsen Mercedes-Benz yang mengakuisisi MBB.


Bukti 5 : Jabatan di MBB
Tahun 1969 Habibie dilirik oleh Messerschmitt Boelkow Blohm Gmbh (MBB), industri pesawat terbesar yang bermarkas di Hamburg. Jabatan Vice President/Direktur Teknologi MBB disabetnya tahun 1974. Hanya Habibie-lah, orang diluar kebangsaan Jermanyang mampu menduduki posisi kedua tertinggi itu.


Bukti 6 : Penghargaan
Sedangkan dalam bentuk penghargaan, Habibie menerima Award von Karman (1992) yang di bidang kedirgantaraan boleh dibilang gengsinya hampir setara dengan Hadiah Nobel. Dan dua tahun kemudian menerima penghargaanyang tak kalah bergengsi, yakni Edward Warner Award. Beliau juga mendapat gelar Doktor Kehormatan (Doctor of Honoris Causa) dari berbagai Universitas terkemuka dunia, antara lain Cranfield Institute of Technology dan Chungbuk University.
penghargaan:


Bukti 7 : Jadi Presiden RI ke - 3 gan !
Ini mungkin puncak karier beliau....

Masa jabatannya sebagai presiden hanya bertahan selama 512 hari. Meski sangat singkat, kepemimpinan Presiden Habibie mampu membawa bangsa Indonesiadari jurang kehancuran akibat krisis. Presiden Habibie berhasil memimpin negara keluar dari dalam keadaan ultra-krisis, melaksanakan transisi dari negara otorian menjadi demokrasi. Sukses melaksanakan pemilu 1999 dengan multi parti (48 partai), sukses membawa perubahan signifikan pada stabilitas, demokratisasi dan reformasi di Indonesia.









sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3868751

Thursday 15 April 2010

Mobil listrik

Mobil listrik (bahasa Inggris: electric vehicle) adalah mobil yang menggunakan listrik sebagai sumber tenaganya.



Menurut Internatonal Standard (ISO 8713:2002)Mobil Listik dikenal dalam istilah Electric road vehicles yang di Amerika dikembangkan menjadi dua (2) jenis, diantaranya ;Zero Emission Vehicles(ZEV) dan Low Emission Vehicles (LEV). Mobil listrik yang di kategorikan menjadi Zero Emission Vehicles adalah Mobil Batterai (Battery Operate) dan Mobil Fuel cell. Sedangkan yang dikategorikan menjadi LEV adalah mobil yang sistem penggeraknya memadukan antara convensional engine dengan motor listrik (mobil Hybride). Berbagai teknologi yang berkembang terkait dengan mobil listrik ini, dapat diuraikan secara singkat sebagai berikut :

Mobil Listrik “Batterai Operate" Mobil listrik jenis ini mengandalkan batterai sebagai sumber energi untuk menggerakkan kendaraan. Bagian yang sangat penting pada mobil listrik jenis ini adalah : 1). Motor listrik. 2). Batterai (AKI). 3). Crarger (Alat pengisian ulang energi listrik pada AKI). 4). Sistem Kondali (Controller). 5). Managemen Energi (EMS) atau Energy managemen System

Mobil Hybrid Teknologi Mobil hybrid yang dipopulerkan oleh Toyota dan Honda ini, Sebagai solusi menghemat BBM dan mengatasi pencemaran lingkungan. Cara kerja mesin listrik dengan prinsip regenerative (isi ulang/recharging saat kendaraan sedang beroperasi) pada mesin hybrid, berbeda dengan mobil tenaga listrik penuh. Mobil tersebut tidak bisa mengisi ulang listriknya. Bila listriknya habis, Batterai/aki harus di-charge secara khusus dengan waktu 8 hingga 12 jam (untuk teknologi charger onboard). Khusus mesin hybrid, mesin listriknya bisa mengisi ulang ke aki dengan memanfaatkan kinetic energy saat mengerem (regenerative brakeing). Bahkan sebagian energi mesin dari mesin bensin/solar/bio fuel saat berjalan listriknya bisa disalurkan untuk mengisi batterai/aki. Dengan sistem operasi seperti ini maka akan terjadi penghematan BBM. Di Kota Tokyo Jepang, truk dan bus sudah banyak yang memakai tenaga mesin system hybrid karena dinilai amat efisien/hemat BBM dan mengurangi polusi. Jenis mesin hybrid secara umum ada yang memakai sistem paralel dan sistem seri, namun yang paling umum adalah parallel. Mesin listrik pada kendaran hybrid sebenarnya hanyalah sebagai penunjang atau bisa disebut booster, pada mesin utama yang memakai bensin ataupun solar. Mesin listrik yang kecil pada kendaraan jenis hybrid tak akan kuat menjalankan mobil secara normal. Perkembangan teknologi mesin hybrid memang kini semakin pesat. Begitu pula dalam pengisian ulang listriknya yang semakin canggih, cepat, dan tenaga mesin listriknya semakin besar.

Mobil Surya “Solar Car” Mobil tenaga surya atau tenaga matahari, adalah jenis kendaraan listrik yang menggunakan tenaga matahari sebagai sumber energinya. Energi matahari ditangkap dengan menggunakan panel cell surya kemudian digunakan untuk menggerakkan motor listrik yang berfungsi untuk memutar roda. Agar dapat digunakan secara stabil maka pada mobil surya dilengkapi dengan tempat penyimpanan energy (energy storage) umumnya digunakan accu/batterai. Dilengkapai dengan alat control pengatur kecepatan maka mobil ini dapat melaju sesuai dengan kecepatan sesuai dengan kecepatan yang dirancang.Di Indonesia berkisar 12 tahun yang lalu mobil surya ini dikembangkan oleh mahasiswa ITS Surabaya.

'Mobil Fuel Cell' Fuel Cell adalah sebuah terobosan teknologi yang dilakukan oleh kalangan ilimuan dan industri mobil untuk mencari sumber energi alternatif penggerak mesin. Dan salah satu pilihan terkuat adalah bahan bakar hidrogen, dipilihnya hydrogen karena dianggap memenuhi dua alasan utama, yakni karena hidrogen ramah lingkungan. Gas buang hasil pembakaran hidrogen sama sekali tidak mencemari lingkungan. Alasan kedua, karena secara alamiah hidrogen tersedia dalam jumlah besar hingga bisa dimanfaatkan dari generasi ke generasi. Hidrogen secara ekonomis dapat diperoleh dengan murah. Siklus air juga memungkinkan hidrogen tersedia dalam jangka panjang. Hidrogen merupakan salah satu pilihan kuat sebagai bahan bakar mobil masa datang, menggantikan peran bahan bakar minyak (BBM) yang tingkat polusinya tinggi dan makin tipis ketersediaannya di alam. Hidrogen bisa diperoleh dengan cara melalui proses meng elektrolisa air. cara ini dianggap tidak mengubah keseimbangan alam, sangat simpel, efektif dan bersih. Yakni dengan teknik elektrolisa air dalam jumlah besar dengan menggunakan tenaga listrik. Caranya dua elektroda dibenamkan ke dalam bak berisi air, untuk memancing hidrogen. Ion-ion hidrogen yang bermuatan positif (kation) berkumpul di sekitar katoda negatif. Sedangkan ion-ion oksigen (anion) dikumpulkan menuju anoda positif. Dengan begitu terbentuklah hidrogen dalam bentuk gas. Setelah hydrogen dalam bentuk gas didapatkan, maka melalui teknologi pembakaran 'dingin' di dalam sebuah sel listrik, yang hasilnya berupa tenaga listrik untuk menggerakkan mobil. Selengkapnya Baca buku "MOBIL LISTRIK" TEKNOLOGI DAN PERKEMBANGANNYA: [1] Oleh : Masrah [2]

Mobil Listrik Marlip
Mobil ini di Indonesia dikembangkan oleh LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia), dengan merek Marlip (Marmut Listrik LIPI)[3]. Mobil ini menggunakan sumber tenaga aki 200Ah/12V sebanyak 3 buah. Untuk perjalanan nonstop selama 8 jam, membutuhkan pengisian ulang selama 8 jam pula. Mobil ini dapat menempuh kecepatan rata-rata 40 km/jam. Mobil Marlip, terdiri dari banyak macam, seperti kereta pasien, mobil golf, kendaraan patroli polisi, hingga kendaraan perumahan untuk 2 penumpang. Saat ini sedang dikembangkan juga mobil listrik yang di beri tambahan sel surya diatapnya, untuk menambah daya jelajah mebil tersebut.

Friday 9 April 2010

mobil mobil konsep

1.BMW Sequence GT Concept Bercapit Kepiting



BMW GT Concept 16 BMW Sequence GT Concept Bercapit Kepiting

KARLSRUHE (dp) — BMW Sequence GT. Begitulah Seungmo Lim, seorang mahasiswa Universitas Pforzheim, Jerman, menyebut gambar prototipe hasil imajinasinya ini. Mobil sport futuristik dengan dua capit layaknya kepiting, ini ‘dipersembahkan’ Lim untuk BMW karena menurutnya, merek inilah yang bisa membawa konsepnya menuju wujud kendaraan kencang, namun hemat emisi dan energi.

Menurut Lim, ada dua pertimbangan mengapa dirinya menyebut ciptaannya sebagai “Electric Gran Turismo Sequence”. Pertama, dia perlu membuat sebuah mobil hijau (green car). Kedua, dia ingin menjabarkan makna dinamika efisien (efficient dynamics). Seluruh pertanyaan ini saat ini sedang menjadi konsentrasi BMW.

“Dua kalimat itu bisa diaplikasikan dalam penjabaran mobil biru atau hijau. Namun saya mengingat BMW karena merek ini meleburkan keduanya dalam sebuah kendaraan masa depan,” kata Lim.

“Saya belum punya ide yang akan menjadi keunggulan mobil ini. Tapi mungkin adalah sebuah kombinasi “kenikmatan berkendara dan arsitektur biru.”

Selanjutnya Lim menjelaskan bahwa mobil imajinasinya ini akan mengusung motor elektrik yang ditempatkan di masing-masing keempat roda. Katanya, agar tercipta efisiensi ruang.

Sementara ktika disingung mengapa moncong Sequence dibuat seperti capit, Lim menjelaskan, “Salah satu yang terpinting bagi Sequence adalah dimana seluruh permukaan bodi dari depan hingga belakang dapat mengalirkan udara dengan baik.” “Dengan konsep itu, mobil jadi lebih berkarakter dan berkesan dinamis,” lanjutnya.

Lebih jauh dari itu, Lim juga mengkonsepkan sebuah pengisian energi baterai yang simpel. Dengan posisi baterai di bawah lantai, Lim mengatakan waktu untuk penggantian baterai hanya di bawah satu menit.

“Nantinya sebuah stasiun pengisian energi juga harus mendukung efisiensi. Stasiun harus menggunakan panel surya untuk menciptakan listrik,” singgungnya.

Lalu, bagaimana menurut Anda? Tidakkah Lim telah menciptakan sosok yang mengingatkan kita pada sequel Minority Report? [dp]



BMW GT Concept 1 150x150 BMW Sequence  GT Concept Bercapit Kepiting


2. Sedan Mewah Terpanjang dan Tercepat Buatan Mahasiswa



Superbus 025 Sedan Mewah Terpanjang dan Tercepat Buatan Mahasiswa

NETHERLAND (dp) — Sekelompok peneliti dan mahasiswa Universitas Teknologi Delft (Technische Universiteit Delft), Belanda sedang menyiapkan sebuah sedan listrik terpanjang di dunia yang mampu melesat 250 km/jam. Mobil yang akan diberi nama Superbus ini rencananya akan dibuat sepanjang 15 meter, memiliki delapan pintu di setiap sisi, dan mampu memuat 23 orang dewasa.

“Dia akan sangat panjang, lebar dan akan mematahkan faktor-faktor pembatas yang selama ini ada,” kata general manager proyek Superbus Prof.dr. Wubbo Ockels. Dia menambahkan bahwa Superbus akan menjadi kendaraan aman karena dilengkapi berbagai sistem komputer, serta kemampuan manuver dan pengereman yang baik.

Ockels yang dalam proyeknya ini juga ditemani seorang pakar desainer Formula 1 asal Italia, Dr. ing. Antonia Terzi, menyatakan Superbus akan menjadi mobil mewah, baik untuk dirasakan perorangan maupun grup.

Superbus dijamin non-polusi karena digerakkan dengan energi baterai yang dapat diisi ulang. Hal ini semakin pantas mengingat kendaraan panjang ini juga punya misi mengubah pola perjalanan di masa mendatang yang penuh sensasional. Pengalaman sensasional ini akan diwujudkan melalui kecepatan tinggi, ergonomis desain interior dan peralatan multimedia pribadi untuk setiap penumpang.

Superbus yang dikembangkan mulai 2007 di Belanda ini diharapkan bisa dipasarkan secara global.



























3. EN-V Mobil ‘Helm’ GM untuk Shanghai 2030



EN V 08 EN V Mobil Helm GM untuk Shanghai 2030

SHANGHAI (dp) — General Motors Co, Rabu (24/3), meluncurkan mobil konsep listrik terbaru EN-V (Networked-Electric Vehicle) di China. Mobil unik seperti helm ini diciptakan guna memoles citra sebagai pemasok mobil non-polusi untuk mobilitas megapolitan di masa depan. Apalagi GM menilai pada 2030 sebanyak 60 persen dari total populasi penduduk dunia yang mencapai 8 miliar akan menetap di daerah urban.

Perkenalan EN-V kepada publik dilakukan di sebuah paviliun yang akan digunakan GM dan mitranya dari China, SAIC Motor Corp, pada World Expo di Shanghai mulai Mei sampai Oktober 2010.

Seperti mobil serupa yang dikonsep merek-merek Jepang, EN-V juga hanya miliki dua bangku. Bahkan kendaraan unik ini juga bisa berkomunikasi satu sama lain guna menghindari terjadinya kecelakaan, serta berbagi info kepadatan lalu lintas.

Mobil yang dikonsep untuk kota Shanghai 10 hingga 20 tahun mendatang ini tentu tak hanya membutuhkan sebuah infrastruktur baru, tapi juga peraturan berkendara yang mendukungnya.

“Pada EN-V kita benar-benar menunjukkan sebuah konsep baru. Ini bukan hanya sebuah kendaraan listrik, tapi juga kendaraan yang akan mendukung perkembangan megapolitan,” ujar Wakil Presiden GM untuk penelitian dan pengembangan global Alan Taub, kepada wartawan di Shanghai.

Menurut GM, EN-V yang didukung motor listrik dapat menempuh jarak sekitar 40 km untuk satu kali pengisian setrum. EN-V sendiri merupakan pengembangan dari prototipe platform Personal Urban Mobility and Accessibility (P.U.M.A.) yang dibangun Segway dan telah melakukan debut pada April 2009.

EN-V didukung sepasang mesin listrik yang masing-masing untuk mengerakkan kedua rodanya. Keseimbangan EN-V terjadi karena GM megaplikasi teknologi yang disebut sebagai Dynamic Stabilization.

Jadi, selain mampu mengangkut dua orang dewasa, kendaraan bersistem drive-by-wire ini juga tetap seimbang kendati ruang kargo yang tersisa di belakang diisi barang.

EN-V yang khusus didesain sebagai kendaraan kota hanya memiliki bobot 500 kg dan panjang hanya 1,5 meter. Dengan kata lain, EN-V tiga kali lebih ringan dan lebih pendek dibanding rata-rata mobil saat ini. Sementara areal parkir yang dibutuhkan untuk sebuah EN-V hanya seperlima dari 10 meter persegi ruang yang dibutuhkan rata-rata mobil-mobil saat ini. Sedangkan waktu untuk parkir bisa dipangkas hingga 90 persen. [dp]




































4. Deretan Sportcar Porsche Hybrid Guncang Geneva



Double Porsche1 Deretan Sportcar Porsche Hybrid Guncang Geneva

JERMAN (dp) – Mobil kencang identik dengan boros bahan bakar? Kehadiran keluarga Porsche dari genre sportcar bermesin hybrid di ajang 80th Geneva Motor Show mematahkan pakem tersebut.

Menipisnya cadangan minyak di perut bumi, membuat semua manufaktur yang bermain di dunia otomotif harus memeras otak untuk menelurkan inovasi-inovasi terkini. Mereka berlomba-lomba untuk membuat mobil irit dan ramah lingkungan tanpa mengurangi performa serta estetika desain dari mobil tersebut. Dan Porsche telah membuktikannya. Ya, bertepatan dengan gelaran Geneva Motor Show yang ke 80, pabrikan yang dibangun oleh Ferdinand Porshe ini menghadirkan dua sport car bermesin hybrid. Porsche 918 Spyder Plug-In Hybrid Concept dan Porsche 911 GT3 Hybrid.

Porsche 918 Spyder Plug-In Hybrid Concept

Untuk menandingi pesaing terberatnya yang telah lebih dulu menghadirkan sportcar hybrid (Ferrari 599 Hybrid), Porsche mengenalkan sebuah mobil sport yang mengombinasikan fitur balap yang high-tech dengan mobilitas elektrik, 918 Spyder Concept. Mesin mid-mounted berkapasitas 3.4 Liter V8 nya sendiri mencomot dari mobil balap RS Spyder yang mampu menggelontorkan daya hingga 500 hp dengan batas redline hingga 9.200 rpm. Sedangkan kombinasi dari mesin listrik yang bisa ditemukan pada front & rear axle akan mengeluarkan tenaga sebesar 218 hp.

Porsche mengklaim bahwa varian berbobot 3285 pound ini sebagai sebuah sportcar full hybrid. Pasalnya, motor elektrik yang diusung bisa bekerja sendiri dan berjalan hingga 16 mil dengan menggunakan pasokan daya dari liquid-cooled lithium-ion battery yang ditempatkan di belakang kompartemen penumpang. Lalu bagaimana cara pengoperasiannya? Mudah. 918 Spyder Plug-In Hybrid Concept telah menyediakan empat pilihan driving mode. Dengan menekan tombol di kolom kemudi, penggunanya bisa menggunakan opsi E-Drive, Hybrid, Sport Hybrid dan Race Hybrid.

Porsche 911 GT3 Hybrid

Berbeda dengan saudaranya yang masih berbentuk prototipe, Porsche 911 GT3 Hybrid sudah akan memulai debut balap ketahanan 24 jam-nya di sirkuit Nurburgring 15-16 May mendatang. Diferensiasi antara mesin hybrid bawaan GT3 dengan mobil hybrid lainnya terletak pada Porsche racing hybrid system yang memanfaatkan generator flywheel electronic untuk menangkap dan mengeluarkan energi kinetik.

Sistem tersebut diposisikan pada kursi penumpang dan di-charge dengan menggunakan sepasang motor berkapasitas 60 kW di roda depan dan menghasilkan energi mekanis saat berputar hingga 40.000 rpm. Saat dalam kondisi penuh, generator tersebut dapat mengantarkan tenaga hingga 161 hp ke motor di roda depan hanya dalam waktu 6 – 8 detik. Sementara daya sebesar 480 hp pada kedua roda belakang dipasok oleh mesin flat-six. Sistem yang terkenal berkat teknologi KERS (Kinetic Energy Recovery System) yang sempat mendulang kontroversi di ajang balap Formula 1 tahun lalu ini mirip dengan yang dikembangkan oleh Tim Williams. Karena memang dibuat oleh Porsche dan Williams.


















Double Porsche1 150x150 Deretan  Sportcar Porsche Hybrid Guncang Geneva


5. Emas Negeri Jiran



proton emas3 concept 10 2 cd gallery zoomed Emas Negeri JiranJERMAN (dp) – Bukan berasal dari sentra pertambangan di Pongkor atau bahkan di Free Port. Merupakan perpaduan karakter tiga Negara yang berbeda. Italia, Inggris dan Malaysia.

Giugiaro terkenal sebagai rumah desain yang berpengalaman dan telah bekerjasama dengan pabrikan-pabrikan tenar seperti Ferrari, BMW, Bugatti, Alfa Romeo, Maserati hingga De Lorean. Dan sekarang Anda bisa menambahkan nama Proton dalam daftar tersebut. Ya,pabrikan asal negeri jiran tersebut (yang juga merupakan pemegang saham di Lotus) memajang mobil konsep yang mereka sebut sebagai Emas di Geneva Motor Show 2010. Tidak hanya berarti sebuah logam mulia, namun Emas juga merupakan singkatan dari Eco Mobility Advanced Solution. Embel-embel Eco yang disematkan pada namanya merupakan cerminan dari sumber tenaga plug-in hybrid system dan pure-electric system. Sistem hybrid pada mesin tiga silinder 1.2L bertenaga 51 hp-nya sendiri dikembangkan oleh pabrikan sedan sport asal Inggris, Lotus, dan dipadankan dengan motor listrik 101 hp yang tenaganya disuplai oleh baterai lithium-ion 11.5-kWh.

Pengunjung ajang yang digelar di Jerman ini bisa menikmati kemolekan dari hatchback 5-door hasil torehan desain Giugiaro, Emas Comfort 4-seater. Kendati hanya memiliki panjang 139.8 inci, namun ruang kabin yang Proton dan Giugiaro sebut memiliki volume layaknya mobil crossover dengan eksterior city car ini cukup lega dengan mengusung konsep fancy. Sayangnya, tidak ada teknologi terkini yang bisa ditemui di sana. Hanya perangkat hiburan dengan iPod dock dan USB serta layar sentuh di konsul tengah yang juga berfungsi sebagai browser internet.

Sedangkan dua mobil konsep lain hanya memajang tampilan minus interior. Versi lima penumpang yang memiliki 3 pintu bernama Emas Country dan mobil listrik dengan konfigurasi tempat duduk 3+1 dengan sematan nama Emas3. Kehadiran ketiga varian ini seolah melengkapi seluruh jajaran Proton yang sudah dan akan dipasarkan serta menjadi bukti ambisi Proton untuk “mendunia.” Dan jika kerjasamanya dengan Giugiaro terus berlanjut, bukan tak mungkin mobil-mobil yang akan diproduksi Proton selanjutnya akan memiliki bentuk yang stylish.






















6. Mobil Listrik Audi A1 e-tron

1  Mobil Listrik Audi A1 e tron

JERMAN (dp) – Mobil listrik menjadi jawaban Audi AG terhadap isu menipisnya cadangan bahan bakar non nabati di dunia.

Ajang Geneva Motor Show yang akan di buka esok lusa (4/3) bukan hanya menjadi ajang yang prestisius untuk memamerkan produk-produk terbaru, namun juga diposisikan sebagai gelaran bergengsi untuk unjuk inovasi teknologi lewat mobil konsep. Ya, Audi sepertinya setuju dengan pendapat tersebut. Pabrikan asal Jerman ini tidak hanya memajang Audi A1, namun juga memamerkan Audi A1 e-tron. Sebuah sedan kompak yang bekerja dengan mesin listrik.

Para teknisi memilih dapur pacu listrik yang mampu memproduksi tenaga hingga 75 kW yang ditransfer langsung dari kompartemen mesin yang terletak di moncong mobil. Secara kontinyu motor tersebut akan menggelontorkan torsi sebesar 150 Nm dengan torsi puncak mencapai angka 240 Nm. Untuk menggerakkan mesin Wankel yang diinstal di kompartemen bagasi, Audi mengadopsi baterai lithium-ion T-shaped berdaya 12kW yang diposisikan dikolong lantai mobil. Dengan bobot 1.190 kg, A1 e-tron hanya mampu berlari dari diam hingga kecepatan 100 km/jam dalam waktu 10.2 detik. Tak heran jika Audi menjuluki sedan dengan kecepatan puncak 130 km/jam ini sebagai “Mega City Vehicle.”

Meski demikian, varian yang mampu menempuh jarak hingga 250 km saat baterai terisi penuh ini cukup ramah terhadap lingkungan. Pasalnya, berkat bantuan dari electro-mechanical power steering dan regenerative brakes, Audi A1 e-tron hanya butuh 1.9 liter bahan bakar untuk menempuh jarak 100 km. Dengan emisi gas buang mencapai 45 gram/km.



























7. Lotus Lansir Evora Carbon Concept





JERMAN (dp) – Sportcar peraih berbagai tahta terbaik bertampang agresif yang dihadirkan pada perhelatan akbar 80th Geneva Motor Show.

Masih dari ajang yang sama, pabrikan sportcar legendaris asal Norfolk, Inggris, Lotus, mengenalkan mobil konsep terbarunya berjuluk Evora Carbon Concept. Sekilas, tampangnya memang tidak menyiratkan kelebihan dibanding varian Lotus lainnya. Namun struktur atap yang terbuat dari material carbon fiber langsung mencerminkan aura kecepatan yang diusungnya.

Tidak hanya di atap, bahan ultra ringan tersebut juga diimplementasikan pada spoiler depan dan perangkat diffuser di buritan yang dibangun khusus untuk varian ini. Sedangkan hal yang cukup fenomenal terletak pada pengaplikasian cat water-based pearlescent white yang melaburi setengah bodi. Hmmm.. Sebuah langkah yang cukup ramah terhadap lingkungan.

Sama seperti di luar, Lotus juga mengkombinasikan material carbon fiber dengan perforated leather hitam dan karpet Alcantara. What? Alcantara untuk karpet? Ya, cara ini seolah membuktikan bahwa Evora Carbon Concept tidak hanya memiliki karakter sportcar sejati, namun juga tetap menjunjung estetika dan kenyamanan bagi penggunanya. Tekstur yang lembut dari kulit berpori dan alcantara berpadu manis dengan karisma dari carbon fiber guna menghasilkan driving experience yang sempurna.

“Desain dari Evora Carbon Concept sangat eksotis dan menggunakan high tech material yang menawarkan sinergi sempurna dengan citra merek Lotus. Sekaligus mengekspresikan warisan kami di dunia motorsport dan sejarah sportcar yang stylish seperti yang orang-orang ketahui,” bilang Donato Coco, Director of Lotus Design.
















8. Lotus Evora 414E Pakai Speaker Pengganti Suara Knalpot



lotus evora 414e hybrid Lotus Evora 414E Pakai Speaker Pengganti  Suara Knalpot

GENEVA (dp)–Lotus akan memboyong konsep Evora 414E pada Geneva Auto Show ke-80 yang akan dibuka mulai besok, Selasa (2/3). Lotus Evora 414E akan mendemonstrasikan teknologi mesin kecil 1.2-liter 3-silinder bertenaga 414hp yang berkolaborasi dengan motor elektrik.

Menurut Lotus, performa Evora 414E begitu besar. Untuk melesat 0-100 km/jam, mobil yang memangku mesin di belakang, ini hanya membutuhkan waktu sekitar 4 detik. Lotus juga mengkliam Evora 414E bisa menjelajah sejauh 483 km.

Lotus rupanya sadar bahwa kendaraan elektrik yang tidak mengeluarkan suara bisa berbahaya untuk pejalan kaki, terutama para penyandang tuna netra. Nah, mengantisipasi hal itu, Lotus telah bekerjasama dengan perusahaan spesialis audio Harman International untuk menciptakan fitur “HALOsonic”.

Dengan fitur audio system itu, Evora 414E yang bertransmisi 7-speed bisa mengeluarkan suara layaknya mobil-mobil sport. Metode seperti inilah yang menurut Lotus akan memberi sinyal bagi penjalan kaki.

HALOsonic sendiri merupakan teknologi Internal and External Electronic Sound Synthesis yang dibuat sedemikian rupa untuk menciptakan raungan suara seperti mesin V6 atau V12. Untuk mengaplikasi metode ini Lotus menempatkan dua speaker di bagian depan dan belakang mobilnya.


9. Gambar Ferrari 599 Hybrid Bocor di Internet



Ferrari 599 Hybrid 2 Gambar Ferrari 599 Hybrid Bocor di Internet

MODENA (dp)–Prototipe Ferrari 599 Hybrid yang sedianya akan diperkenalkan pada Geneva Auto Show awal pekan nanti bocor di internet. Supercar hybrid Italia itu tampak seksi dengan baluran warna hijau berpadu pilar-pilar hitam.

Belum jelas bagaimana performa Si Hijau itu. Namun media barat menduga, 599 Hybrid Concept akan mengusung motor elektrik yang sanggu memproduksi tenaga 100hp dan torsi 137Nm. dari foto-fotonya juga terlihat bahwa 599 Hybrid akan memasang baterai di bawah lantai serta gearboks di belakang.

Tenaga yang dihasilkan 599 Hybrid jelas lebih besar ketimbang versi reguler. Hal ini diperlukan karena bobot 599 Hybrid lebih berat 100 kg setelah penambahan sistem hybrid. [dp]




























sumber : http://www.dapurpacu.com/category/auto-news/mobil/mobil-konsep