Tuesday 24 November 2009

LIPI Siapkan Pusat Riset Bertaraf Internasional

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menyiapkan pusat riset unggulan bertaraf internasional yang disebut "International Centre for interdisciplinary and advanced research" (ICIAR).

"LIPI akan meluncurkan ICIAR pada Rabu 25 November 2009," kata Deputi Jasa Ilmiah LIPI Prof Dr Jan Sopaheluwakan melalui keterangan pers yang diterima ANTARA di Jakarta, Selasa.

Jan menjelaskan, ICIAR adalah sebuah inisiatif strategis baru LIPI guna mengembangkan kerjasama riset bersifat lintas bidang ilmu yang melibatkan sekitar 70 orang profesor riset LIPI serta peneliti senior dari lembaga riset mancanegara dan para profesor serta dosen senior perguruan tingi di dalam dan luar negeri.

"ICIAR juga dimaksudkan untuk mendidik dan melatih ilmuwan/peneliti muda mengenai teknik-teknik, metode dan seni melakukan riset lanjut bersifat lintas bidang ilmu melalui proyek kerjasama dibawah bimbingan bersama para profesor dan peneliti senior," katanya.

Ia menambahkan, belakangan ini telah terjadi kecenderungan perguruan tinggi baik di dalam maupun luar negeri yang beralih dari sekedar fungsi mendidik menjadi unggul dalam bidang riset.

Hal itu bertujuan untuk memberikan kualitas pendidikan yang lebih baik bagi para mahasiswanya melalui kegiatan riset guna menghasilkan pengetahuan baru dan produk riset lainnya.

Namun, karena fasilitas yang dimiliki lembaga riset secara umum lebih baik dan lengkap dibanding yang dimiliki perguruan tinggi maka kerjasama riset, pendidikan dan pelatihan diharapkan akan mampu merespon kecenderungan tersebut.

"Selain merespon kecenderungan tersebut ICIAR diharapkan dapat menjadi jawaban terhadap berbagai permasalahan bangas sekaligus menghasilkan generasi baru ilmuwan atau peneliti yang andal," katanya.

Ia juga mengatakan, fokus utama dari ICIAR adalah "Keamanan Lingkungan dan Manusia" dengan enam bidang riset yang berkaitan satu sama lain.

"Enam bidang riset tersebut yakni pertama pengelolaan resiko bencana alam, yang kedua ketahanan masyarakat pantai, ketiga biogeodinamika dan lingkungan yang berkelanjutan, keempat pangan, kesehatan dan biomedika, kelima pengelolaan konflik dan krisis dan kajian antar budaya dan keenam material lanjut ramah lingkungan," katanya.


sumber : http://id.news.yahoo.com/antr/20091124/tpl-lipi-siapkan-pusat-riset-bertaraf-in-cc08abe.html



No comments:

Post a Comment