Wednesday 5 May 2010

KENDARAAN KEAMANAN TERCANGGIH


Guardium UGV - from G-NIUS Unmanned ground Vehicles. Photo:  G-NIUS

Guardium adalah sebuah kendaraan keamanan tanpa awak yang dikembangkan oleh AI/Lahav. Desainnya didasarkan pada kendaraan M-Guard unmanned security vehicle (USV) yang dapat dioperasikan dari pangkalan pusat, dapat membawa peralatan patroli dan memiliki respon cepat untuk menghadapi bahaya.

Guardium UGV modelled for military applications. Photo: G-NIUS

mendeteksi bom/ranjau pada jarak beberapa meter dan memberitahukannya ke pangkalan pusat untuk mendatangkan bantuan, atau jika kendaraan ini dilengkapi dengan anti ranjau maka kendaraan dapat berlaku seperti robot anti ranjau.

M-Guard autonomous vehicle menggunakan sasis TomCar. TomCar adalah kendaran jenis All Terrain Vehicle (ATV) yang dimiliki oleh IDF dan polisi perbatasan Israel dengan berat 600 kg dapat menampung 2 orang.

Kendaraan ini dilengkapi dengan automated tactical positioning system dan dapat beroperasi secara otomatis pada kondisi on atau off road dengan kecepatan di atas 80 km/jam. Dapat membawa barang dengan berat 300kg termasuk juga perisai ringan untuk melindungi sistem yang vital.


USV ini dapat membawa berbagai macam sensor, termasuk video dan kamera pendeteksi panas, dengan kemampuan auto-target dan memotret, microphone yang sensitif, loudspeaker dan radio dua arah. Kendaraan ini juga dapat dipersenjatai dengan berbagai macam senjata ringan atau berat, seperti machine gun, sniper, rocket launcer, dsb yang semuanya dioperasikan dari Main Control Center (MCC).

MCC ini juga memiliki kecerdasan buatan untuk menghadapi berbagai keadaan dan untuk melaksanakan operasi tertentu, tapi juga bisa dioperasikan secara manual dengan remote control.

http://rixco.multiply.com/journal/item/234/KENDARAAN_KEAMANAN_TERCANGGIH_

No comments:

Post a Comment